Selamat Datang di Website Desa Pengkol Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi

Artikel

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 15:38:09  Eko Nur  160 Kali Dibaca 

Menurut sumber cerita dari para sesepuh Desa Pengkol masa kini, bahwa terjadinya Desa Pengkol dimulai sejak Jaman Belanda. Pengkol adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi, mempunyai cerita yang unik, kata Pengkol diambil dari kata Mengkol dalam bahasa jawa yang berarti "BERBELOK-BELOK", ini karena lokasi Desa Pengkol di sebelah barat, utara, dan timur berada di tepi aliran bengawan Solo yang berbelok-belok atau kata lain dalam bahasa jawa "MENGKOL-MENGKOL" yang menyerupai semenanjung, sehingga dinamakan Desa Pengkol.  Di Desa Pengkol mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah petani. Desa Pengkol dibagi menjadi 4 Dusun, yakni Dusun Pengkol, Dusun Plelek, Dusun Kedunglengki, dan Dusun Kenteng. Dari ke empat pembagian tersebut, masing-masing dusun memiliki sejarah dan asal muasal yang berbeda. Dusun Pengkol memiliki asal muasal paling tua dibandingkan dengan dusun-dusun yang lain. Dengan kearifan lokal para sesepuh pada saat itu ke empat dusun tersebut dijadikan menjadi satu yaitu Desa Pengkol.

Menurut para tetua desa, dahulu kala Desa Pengkol merupakan daerah  belum berpenghuni yang lingkungannya banyak ditumbuhi pepohonan yang lebat dan besar. Dari sinilah para pengungsi peperangan Kerajaan Mataram yang saat itu melawan Pemerintah Kolonial Belanda membuka lahan untuk dijadikan tempat persembunyian yang akhirnya berkembang menjadi tempat pemukiman dan lahan pertanian, seiring dengan berjalannya waktu menjadi suatu kumpulan masyarakat.

Dalam masa perkembangannya Desa Pengkol terbagi menjadi empat dusun.  Adapun Desa Pengkol dibagi menjadi 4 (empat) Dusun, yaitu :

  1. Dusun Pengkol
  2. Dusun Plelek                                                                                           
  3. Dusun Kedunglengki
  4. Dusun Kenteng

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Sinergi Program

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Protokol Plelek - Pengkol No.01
Desa : Pengkol
Kecamatan : Mantingan
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon :
Email : pengkoldesa@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:31
    Kemarin:130
    Total Pengunjung:23.304
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.143.25.6
    Browser:Mozilla 5.0